Minggu, 07 Agustus 2011

Menanggulangi musim kemarau bagi para petani

3 komentar:

  1. lahan pertanian di lampung timur semakin gersang, apalagi jika terjadi musim kemarau seperti ini. tanah membutuhkan pupuk yang tidak sedikit untuk dapat menghasilkan panen padi yang melimpah. sedangkan harga pupuk tidak terjangkau masyarakat. untuk mengatasinya, masyarakat bisa membuat pupuk kompos buatan sendiri.
    caranya:
    1. dedaunan di cacah masukan kedalam wadah
    2.beri cairan EM4 (gula merah, air kelapa dan ragi)
    3. di tutup dalam wadah rapat.
    4. setiap lima kali sehari di aduk dan disemprotkan cairan EM4
    5 dalam waktu satu bulan kompos sudah jadi.

    BalasHapus
  2. selain itu, masyarakat tidak boleh menunggu datangnya musim hujan. masyarakat bisa menanam padi di pot/ polybag pada setiap rumah. serta memanfaatkan pupuk komppos buatan sendiri. jangan-tangung-tangung, hendaknya setiap rumah mempunyai minimal 100 pot untuk alternatif menanam padi pada musim kemarau seperti sekarang ini.

    BalasHapus
  3. mulai saat ini, saya ingin mencoba menjadi petani meskipun saya tinggal di kota bekasi, semoga berhasil dan menjadi inspirasi bagi warga agar tidak tergiur selalu ingin merantau ke kota besar, yakni menanam sendiri padi di polybag atau pot meskipun ruang lingkupnya terbatas. karena tidak punya halaman, maklumlah rumah tipe 21 yang sudah pol habis dibangun. belum lagi serangan tikus, semoga bisa teratasi amin...!

    BalasHapus